Minggu, 02 November 2014

Tanaman Perindang Si Pucuk Merah



bibit bunga pucuk merah, budidaya pucuk merah, jual bibit pucuk merahSahabat bibit buah unggul pasti sudah sangat mengenal baik dengan jenis tanaman hias yang satu ini, ya...pucuk merah. Tanaman hias yang memiliki pucuk berwarna merah merona yang sangat memikat dan menarik perhatian, tetapi jika anda ternyata belum mengenal sama sekali dengan jenis tanaman ini, jangan kawatir karena sedikit banyaknya akan saya jelaskan tentang tanaman yang satu ini.



Syzygium oleana  atau Pucuk merah adalah jenis tanaman hias yang tergolong dalam family Myrtaceae ,. Saat ini tanaman ini sedang booming di Indonesia sehingga keberadaannya dapat dijumpai tertanam di pot di tepi-tepi jalan baik didaerah  perkotaan maupun di perkampungan. Tanaman ini dilkenal dengan nama pucuk merah karena tunas daun yang baru tumbuh pada bagian pucuk berwarna merah menyala, warna inilah yang menjadi daya tarik dari tanaman ini,sayangnya warna ini segera pudar  dan berganti dengan warna coklat lalu berubah lagi menjadi warna hijau. Daun tumbuh rapat antara satu daun dengan daun lainnya. Tekstur daun halus dengan panjang daun berkisar 5 cm dan permukaan daun yang mengkilap.


bibit bunga pucuk merah, budidaya pucuk merah, jual bibit pucuk merah


Indonesia menjadi salah satu negara tempat ideal bagi si pucuk merah karena tanaman ini sangat cocok hidup di daerah tropis. Diameter tanaman dapat mencapai 30 cm dengan tinggi mencapai 7 meter. Usia tanaman dapat mencapai puluhan tahun. Besarnya tanaman dapat membuat rumah Anda terlihat sejuk. Kerimbunan dan keunikan warna daun tanaman Pucuk Merah menjadikannya dipilih sebagai penghias rumah dan taman.



Pada umumnya orang hanya mengenal tumbuhan pucuk merah sebagai tanaman hias atau tanaman peneduh saja, tanpa mengenal bagaimana cara berbiaknya, bentuk bunga maupun buahnya. Oleh karena itu disini akan dibahas tentang morfologinya, taksonominya, cara reproduksinya , maupun cara perawatanya .


Taksonomi Tumbuhan Pucuk Merah

Kingdom         : Plantae( Plantae)

Subkingdom   : Tracheobiota ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi    : Spermatophyta ( Tumbuhan berbiji )

Divisio            : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Sub  Divisio    : Angiospermae ( Tumbuhan berbiji tertutup )

Kelas             : Magnoliopsida ( berkeping dua / Dikotil )

Sub Kelas      :  Rosidae

Ordo              : Myrtales

Famili            : Myrtaceae

Sub Family    :  Myrtoideae

Genus           : Syzygium

Spesies         : Syzygium oleana



  Klasifikasi  Tentang Bagian-bagian yang ada pada tumbuhan pucuk merah,


Daun

Daun syzygium oleana atau pucuk merah  berupa daun tunggal berbentuk lancet; bertangkai sangat pendek hampir duduk ;  tumbuh berhadapan; permukaan daun bagian atas mengkilat; warna daun mengalami perubahan , ketika baru tumbuh ber warna merah menyala, kemudian berubah  menjadi coklat, lalu berubah lagi menjadi warna hijau; ukuran dau panjang ± 6 cm dan lebar ± 2 cm ;  pertulangan daunnya menyirip.


Bunga

Bunga syzygium oleana atau pucuk merah berupa bunga majemuk tersusun dalam malai berkarang terbatas

bibit bunga pucuk merah, budidaya pucuk merah, jual bibit pucuk merah,Kuncup bunga Pucuk merah. Pada bunga Syzygium oleana atau pucuk merah yang sudah mekar, tampak adanya kepala putik hanya sebuah  berwarna putih dengan tangkai putik yang berukuran lebih pendek dibanding benang sarinya, posisi putik tepat di tengah; tangkai sari berwarna putih  berukuran lebih panjang dari putiknya,berjumlah sangat banyak dengan kepala sari berwarna kuning muda.





Biji

Biji Syzygium oleana atau pucuk merah berbentuk agak bulat; permukaan tidak rata; berwarna coklat agak ungu; diameternya  ± 3-4 mm.


Batang

Batang Syzygium oleana atau pucuk merah keras berkayu sebagaimana pohon dari family Syzygium. Jika tidak terus menerus dipangkas maka tingginya dapat mencapai ±5m.  
         

Buah

Buah syzygium oleana atau pucuk merah berbentuk bulat  agak pipih; pada permukaan bagian atas terdapat cekungan  di bangian tengah;  diameter buah ± 0,7 cm, ketika buah sudah tua berwarna hitam mengkilat, rasanya manis dengan aroma yang khas sebagaimana buah dari family  Myrtaceae ( Jambu-jambuan).


Reproduksi 
  Syzygium oleana atau pucuk merah secara alami adalah dengan biji, namun secara komercial tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara cangkok atau stek batang.


Manfaat
 Syzygium oleana atau pucuk merah pada umumnya hanya sebagai tanaman hias dan tanaman peneduh



Cara perawatan Syzygium oleana atau pucuk merah :



Untuk  tanaman hias yang ditanam di pot agar daun berwarna merah maka harus dipangkas 2-3 bulan sekali, dan pucuk yang sudah tidak berwarna merah harus dipetik setiap 2 minggu sekali, Tanaman ini juga harus diberi pupuk NPK setiap  2-3 bulan sekali, agar tidak mengalami defisiensi yang mengakibatkan daunnya menjadi keriting .


Disini jual bibit pucuk merah, warung bibit

0 komentar:

Posting Komentar